Penyakit Wasir (Hemorrhoid)

Penyakit Wasir (Hemorrhoid) – Penyakit wasir merupakan pembengkakan yang terjadi pada anus. Pembengkakan berisikan pembuluh darah, sehingga akan menonjol keluar. Dalam istilah medis, penyakit wasir dikenal juga dengan Hemorrhoid dimana ditemukannya benjolan berada di anus, yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Tidak sedikit orang yang pernah mengalami penyakit wasir, dan hal ini bersifat kambuhan. Benjolan pada anus atau rektum bisa berada di bagian dalam atau pun di bagian luar, sebab tidak semua orang sama kondisinya. Pembuluh darah bisa membesar dan menyebabkan adanya benjolan disebabkan oleh tekanan berlebihan, untuk itu dapat terlihat atau bisa di raba. Penyakit wasir internal merupakan benjolan yang berasal dari dalam anus, dan sebaliknya benjolan yang berada di dalam luar ialah wasir eksternal. Hampir setiap orang memiliki benjolan seperti ini, dan normal saja tetapi yang tidak normal jika ukuran benjolan semakin besar dan menimbulkan rasa sakit. pemicu penyakit wasir ada banyak, sehingga pembuluh darah di sekitar anus bisa membesar.

Penyebab Wasir (Hemorrhoid)

Penyakit wasir (Hemorrhoid) belum diketahui penyebab utamanya secara jelas, atau belum diketahui mengapa benjolan yang merupakan pembuluh darah membengkak. Meskipun begitu ada pemicu benjolan pada anus tersebut, seperti penekanan pada pembuluh darah sekitar anus yang berlebihan, sehingga memicu adanya benjolan di sekitar anus. Dibawah ini juga ada beberapa pemicu dan juga faktor risiko penyakit wasir :

Penyakit Wasir

Penyakit Wasir

  • Penyakit konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan. Ketika makanan kurang serat maka feses akan lebih sulit untuk dikeluarkan, dan hal ini akan menyebabkan penderitanya harus mengejan agar dapat mengeluarkannya. Dengan mengejan lah akan memberikan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus sehingga memicu adanya benjolan di sekitar anus.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan. Tambahan penekanan pada pembuluh darah di anus juga bisa dikarenakan oleh berat badan berlebihan. Faktor dari kegemukan atau obesitas bisa menyebabkan tumbuhnya benjolan di anus baik dari dalam atau pun di luar.
  • Melakukan seks anal. Sebenarnya seks anal tidak baik dilakukan, karena itu ada beberapa dampak yang akan dialami, seperti pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Maka dari itu seks anal bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit wasir.
  • Diare yang berkepanjangan. Bukan hanya karena susah bab saja yang memicu penyakit wasir, tetapi juga bisa dikarenakan oleh diare. dikarenakan terlalu sering buang air besar, maka lama kelamaan pembuluh darah di sekitar anus juga bisa membengkak dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit wasir.
  • Riwayat kesehatan keluarga dengan hemoroid, menjadikan Anda lebih berisiko menderita wasir atau hemoroid. Bukan hanya orang yang gemuk saja yang memiliki risiko untuk menderita penyakit wasir, tetapi risiko juga besar dimiliki oleh orang yang memiliki faktor genetik keluarga dengan penyakit wasir (Hemorrhoid).
  • Terlalu sering duduk dalam waktu lama. risiko terjadinya penyakit wasir (Hemorrhoid) juga lebih besar karena kebisaan duduk terlalu lama. dikarenakan duduk terlalu lama peredaran darah di sekitar anus tidak berjalan dengan baik, dan pada akhirnya akan menjadi penekanan berlebihan dan menyebabkan penyakit wasir.
  • Batuk dan muntah-muntah yang berkelanjutan. Batuk berlebihan seperti batuk rejan tidak hanya memicu patah tulang tetapi juga bisa memicu penyakit wasir (Hemorrhoid), sebab pada saat batuk akan ada tekanan yang di berikan.
  • Sering mengangkat beban berat.
  • Kehamilan sebagai kondisi yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di panggul. Pembuluh darah akan membesar dan hemoroid akan muncul. Hemoroid biasanya akan sembuh setelah Anda melahirkan.
  • Bertambahnya usia. Saat usia semakin menua, jaringan penopang tubuh semakin lemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena hemoroid.

Gejala Penyakit Wasir (Hemorrhoid)

Untuk penyakit wasir (Hemorrhoid) yang ringan tidak menimbulkan gejala yang apa pun, tetapi ada beberapa kondisi yang muncul juga ketika menderita wasir sebab kondisinya lumayan parah, seperti dibawah ini :

  • Pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah akan merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan sensitif. Benjolan ini biasanya didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Mengalami gatal-gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.

Pengobatan Penyakit Wasir (Hemorrhoid)

Benjolan yang terlihat keluar masih dapat di dorong ke dalam apabila kondisinya ringan, tetapi untuk yang parah akan sulit. Untuk itu pengobatan penyakit wasir (Hemorrhoid) bisa dilakukan untuk menghilangkan benjolan yang tidak lagi bisa di dorong ke dalam. Untuk pengobatan penyakit wasir bisa seperti dibawah ini :

  • Obat wasir bisa di gunakan untuk menghilangkan benjolan atau mengecilkan benjolan perlahan lahan pada anus. Ada obat medis yang bisa di dapatkan di apotek, atau pun dengan menggunakan bahan alami. obat herbal dari bahan alami bisa berasal dari ekstrak daun ungu, untuk itu dapat di konsumsi secara teratur.
  • Dalam pengobatan penyakit wasir (Hemorrhoid) pun juga harus mengubah pola hidup agar cepat sembuh. Minum banyak air mineral dan juga makan secara teratur. (By:RM)

Penyakit Wasir (Hemorrhoid)


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Wasir and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.