Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Penyakit Wasir dan PengobatannyaWasir sering disebut dengan ambeien atau dalam bahasa inggrisnya disebut hemorroid dan dalam bahasa kedokteran disebut dengan piles yang merupakan penyakit atau gangguan pada anus dimana bibir anus mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.

Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Penyakit Wasir dan Pengobatannya

Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat BAB dan dapat terjadi pula pada wanita hamil.

Ada beragam Penyakit Wasir dan Pengobatannya, mulai dari minum obat-obatan, suntikan, hingga operasi. Sebagai upaya pengobatan terakhir, dokter pada umumnya melakukan bedah pisau (konvensional, terutama untuk wasir yang sudah stadium 4).

Pada umumnya Penyakit Wasir dan Pengobatannya bisa diobati dengan obat-obatan adalah wasir stadium 1 dan 2. Namun, kalau terjadi perdarahan dan tidak ampuh diobati, dilakukan tidankan lain untuk menghentikan pendarahan itu. Cara menghentikan pendarahan itu bisa dnegan menyuntik, mengikat, membakar atu membekukan wasir.

Penyakit wasir ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu dan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Penyakit wasir disebabkan karena terjadinya pelebaran pada pembuluh darah di lubang anus. Dan pelebaran pembuluh darah ini biasanya akan berubah menjadi seperti benjolan atau menjadi pembengkakan pada wasir. Keadaan wasir ini kadang juga disertai dengan darah yang keluar disaat sedang buang air besar. Hal ini disebabkan karena adanya suatu gesekan kotoran yang keras yang menimbulkan luka dan kemudian mengeluarkan darah keluar.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab wasir :

  1. Akibat faktor genetik atau keturunan
  2. Akibat kehamilan karena perubahan hormonal
  3. Susah buang air besar atau terjadinya konstipasi atau sembelit yang terjadi dengan menahun.
  4. Keadaan akan suatu penyakit tertentu yang membuat penderitanya terpaksa untuk mengejan misalnya adalah pembesaran pada prostat jinak atau juga pada kanker prostat, terjadinya penyempitan saluran kemih dan disaat sedang melahirkan anak.
  5. Penekanan balik yang terjadi pada aliran darah vena misalnya adalah seperti kanker anus, penyempitan pada anus. Kenaikan yang terjadi pada tekanan pembuluh darah porta di dalam rongga perut, akibat penyakit lover sejenis oleh penyakit sirosis hati, dan lemah jantung serta limpa yang mengalami pembengkakan.
  6. Terlalu banyak duduk
  7. Diare yang terjadi dengan menahun.
  8. Dan akibat peregangan, misalnya adalah melakukan hubungan seksual yang tidak wajar melalui anal.

Penyakit wasir bisa dialami oleh siapa saja. Namun biasanya penderita yang mengalami sakit wasir maka akan merasa malu dan merasa penyakit ini tidak penting sehingga tidak membutuhkan perhatian khusus untuk penanganannya dan kurang memperhatikan bahaya dari penyakit wasir. Secara anatami penyakit wasir dasarnya bukanlah suatu penyakit meainkan suatu perubahan pada fisiologis yang terjadi akibat bantalan pembuluh darah di anis mengalami pelebaran dan juga pembengkakan di pembuluh darah serta jaringan yang ada disekitarnya.

Fungsi dari bantalan ini adalah sebagai katup yang bisa membantu otot-otot pada anus untuk menahan feses. Dan jika terjadi suatu gangguan misalnya adalah bendungan aliran darah, maka pembuluh darah kemudian akan mengalami pelebaran dan setelah itu mengalami pembengkakan. Kondisi inilah yang disebut sebagai penyakit ambeien.

Penyakit wasir ambeien terbagi menjadi dua jenis yakni :

  1. Wasir internal : terjadinya pembengkakan pada anus atau rektum namun tidak bisa terlihat dengan mata dan tidak bisa diraba. Pembengkakan ini terjadi namun tidak menimbulkan rasa sakit karena syaraf di rektum hanya sedikit. Gejala yang bisa Anda ketahui adalah terjadinya pendarahan disaat sedang buang air besar. Yang menjadi masalah adalah jika kemudian ambeien internal ini mengalami pembesaran dan setelah itu keluar dari bibir anus yang membuat rasa sakit. Wasir ini biasanya akan terlihat berwarna seperti pink atau merah muda, namun masih bisa masuk dengan sendirinya atau dibantu menggunakan tangan.
  2. Wasir eksternal : biasanya untuk jenis wasir ini menyerang bagian lubang anus dan menimbulkan rasa sakit, perih, serta gatal. Jika wasir ini terdorong keluar karena kotoran, maka bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan yang bisa menyebabkan ambeien berwarna biru-keunguan.

Penyakit wasir dan pengobatannya bisa dilakukan dengan cara mengubah gaya hidup. Gaya hidup yang harus dilakukan adalah gaya hidup dengan asupan makanan yang mengandung serat. Makanan serat sangat baik untuk penyakit wasir dan pengobatannya. Karena serat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan bisa mencegah terjadinya masalah susah buang air besar atau konstipasi atau sembelit yang merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit ambeien muncul. Oleh karena itulah diwajibkan untuk penderita wasir mengonsumsi makanan yang kaya akan serat sehingga bisa membantu untuk mengurangi dan meredakan gejalanya.

Penyakit Wasir dan Pengobatannya


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Wasir and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>