Penyakit Wasir atau Ambeien

Penyakit Wasir atau Ambeien sebenanrya bukan suatu penyakit, namun apabila tidak segera diobati akan menjadi gejala dari suatu timbulnya penyakit akibat wasir. Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan perdarahan yang terjadi kondisi dimana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang.

Penyakit Wasir atau Ambeien biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Kehamilan, usia anjut, kesulitan buang air besar (konstipasi) dan terlalu banyak duduk meningkatkan risiko seseorang terkena ambeien. Ambeien biasanya tidak berbahaya, dan umumnya menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Penyakit Wasir atau Ambeien

Penyakit Wasir atau Ambeien

Dalam beberapa kasus, Penyakit Wasir atau Ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Penyakit wasir atau ambeien biasanya sering terjadi juga pada orang yang sedang hamil. Hal ini biasanya disebabkan oleh terjadinya peningkatan pada tekanan rongga perut atas janin yang sedang dikandung. Dan jika proses persalinan sudah dilakukan kadang si ibu juga masih bisa beresiko untuk terkenal wasir. Penyebab penyakit wasir atau ambeien adalah akibat dari mengejan. Untuk orang yang sedang tidak hamil, penyakit wasir juga bisa menyerang. Penyebabnya juga adalah akibat mengejan disaat sedang buang air besar. Proses mengejan ini terjadi akibat dari feses yang keras di dalam usus yang menyebabkan kita menjadi mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar. Masalah sembelit yang kronis pasti akan menyebabkan terjadinya wasir.

Oleh sebab itulah perlunya mengatasi masalah sembelit Anda dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Dan dari segala jenis macam masalah saat buang air besar salah satunya adalah penyakit diare yang menahun bisa menjadi salah satu faktor pencetus dari terjadinya diare. Hal ini disebabkan karena abdomen atau tekanan yang terjadi pada rogga perut untuk waktu yang lama yang menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran pada vena dan kemudian muncullah suatu proses pembengkakan yang biasanya disebut dengan penyakit wasir.

Gejala penyakit wasir atau ambeien yang muncul adalah rasa gatal disekitar anus dan juga disertai dengan rsa nyeri saat sedang buang air besar. Kemudian gejala selanjutnya yang terjadi adalah iritasi pada sekitar anus atau dubur akibat kurang terjaga kebersihannya disaat Anda membasuh sehingga bakteri-bakteri yang tidak terbasuh dengan baik mengendap menyebabkan terjadinya gatal dan nyeri. Gejala selanjutnya adalah darah yang keluar dan lendir saat Anda sedang buang air besar merupakan salah satu gejala dari wasir. Hal yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan disaat Anda sedang buang air besar, apakah ada darah segar yang menetes. Dan gejala lain yang menjadi salah satu gejala khas penyakit wasir adalah keluarnya benjolan atau tonjolan yang empuk pada permukaan lubang anus. Untuk penyakit wasir dengan kasus yang tinggi biasanya ukuran wasir akan berbentuk besar dan menimbulkan rasa sakit pada penderitanya disaat mereka sedang duduk.

Cara mengatasi penyakit wasir atau ambeien adalah dengan mengatur pola makan. Pola makan yang baik bisa membantu menghindari terjadinya sembelit atau masalah susah buang air besar yang menjadi salah satu pemicu dari terjadinya wasir. Caranya adalah mengonsumsi jenis makanan yang mengandung serat. Makanan serat bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari atau setara dengan 2 liter air. Air putih yang cukup bisa membantu membuat feses menjadi lunak dan menjadi lebih mudah dikeluarkan pada saat proses defekasi atau proses buang air besar.

Menghindari minuman yang mengandung alkohol adalah salah satu caranya. Dan menjauhi kebiasaan buruk misalnya adalah disaat Anda sedang buang air besar, maka tunggu sampai Anda merasa ingin benar-benar buang air besar. Karena jika Anda terlalu lama di dalam toilet akan menyebabkan terjadinya tekanan pada anus atau dubur yang pada akhirnya akan menyebakan terjadinya pembengkakan serta pelebarana pada anus. Selain itu, Anda perlu melakukan olahraga dengan teratur. Karena olahraga merupakan salah satu cara yang paling baik untuk membantu menjaga kesehatan Anda dengan secara menyeluruh. Bukan hanya untuk mengobati penyakit ambeien saja namun juga bisa membantu mencegah tubuh dari serangan penyakit lainnya misalnya adalah serangan penyakit sembelit atau juga masalah susah buang air besar.

Penyakit Wasir atau Ambeien


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Wasir and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>